NUG GPR Kominfo Widget Plugin

Plugin1 comment1575 Views
Slider image
Slider image
Slider image
NUG GPR Kominfo Widget
Size: 3.2 KB
Version: v1.10.19

Live Demo Cara Custom GPR Widget

Jika anda web developer yang sedang mengerjakan proyek website pemerintahan biasanya mereka meminta untuk dipasang GPR Widget dari Kominfo ke dalam website mereka, atau bisa juga anda admin website pemerintahan ditugasi untuk memasang widget tersebut tapi cukup kesulitan atau malas pasang manual karena merasa ribet, kali ini anda tidak perlu ribet lagi harus memasang widget GPR Kominfo tersebut secara manual.

Saya baru saja membuat plugin sederhana untuk membantu anda dalam memasang GPR Widget tersebut untuk website berbasis WordPress. Cara pemasangannya sangat mudah setelah melakukan instalasi, GPR Widget bisa dipasang melalui widget-nya WordPress atau bisa juga dengan menggunakan shortcode.

Apa itu GPR Widget?

Government Public Relation (GPR) Widget adalah aplikasi untuk menyebarluaskan narasi tunggal, dan merupakan bentuk implementasi Instruksi Presiden No. 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik, dengan tujuan untuk mempercepat proses penyampaian informasi kepada masyarakat.

Aplikasi ini disusun oleh Tim Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik (PIKP) Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Kantor Staf Presiden (KSP) dan Tim Komunikasi Presiden (TKP) serta bekerja sama dengan Kementerian, Lembaga, dan Daerah terkait sindikasi konten yang disebarluaskan melalui GPR Widget.

Cara Instalasi Plugin dan Pemasangan Widget

  1. Silahkan mengunduh file zip plugin
  2. Upload file zip plugin ke dalam WordPress anda lewat Plugins > Add New, bisa juga melalui file manager control panel hosting anda, atau melalui aplikasi FTP client dengan mengupload file zip plugin ke dalam direktori wp-content/plugins, lakukan ekstrak file.
  3. Aktifkan plugin “NUG GPR Kominfo Widget” tersebut pada menu Plugins
  4. Setelah aktif silahkan menuju ke Apperance > Widgets, cari widget bernama “NUG GPR Kominfo Widget” dan silahkan seret ke sidebar yang anda inginkan
  5. Jika anda menginginkan untuk memberi judul widget anda silahkan isi kolom “Title:” jika tidak ingin silahkan hapus, apabila anda ingin memberikan custom CSS widget tersebut silahkan isi nama class pada “Custom Class:”. Terakhir silahkan simpan.

Cara Pemasangan Widget dengan Shortcode

Sebagai fitur tambahan NUG GPR Kominfo Widget juga dapat dipasang dimanapun yang anda inginkan dengan pemasangan menggunakan shortcode.

Shortcode dasar

[nug_gpr_widget]

Shortcode dengan custom class

[nug_gpr_widget class="nama_class"]

Custom Lebar dan Tinggi GPR Kominfo Widget

Hasil Custom CSS GPR Kominfo Widget

Secara default GPR Kominfo Widget dapat menyesuaikan ukuran lebar secara otomatis mengikuti wrapper tetapi jika anda ingin merubah ukuran lebar dan tinggi agar lebih sesuai dengan website bisa menggunakan css.

Sebagai contoh anda dapat memasukkan kode css ini pada WordPress anda, untuk ukuran silahkan sesuaikan dengan keinginan.

Custom CSS GPR Kominfo Widget

#gpr-kominfo-widget-container.nama_class {
  width: 350px !important;
}
#gpr-kominfo-widget-container.nama_class #gpr-kominfo-widget-body {
  height: 400px;
  overflow: auto;
}

Artikel Terkait

Komentar

1 Comment

  1. Pe Jung Labs

    Wahh mantap gan, makasih infonya.

    Semoga indonesia makin maju

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *