Cara Daftar Agen BRILink 2021

Info0 comments View(s)

Konten

Foto dari detaik.com

Agen BRILink adalah program dari Bank BRI dalam meluaskan jangkauan layanan perbankan kepada masyarakat. Program ini menyasar kepada masyarakat khususnya untuk nasabah BRI yang bertempat tinggal yang jauh dari kantor Bank BRI ataupun ATM BRI seperti pada daerah pedesaan. Melalui Agen BRILink masyarakat dapat melakukan transaksi perbankan seperti tarik dan setor tunai, topup BRIZZI, pembukaan tabungan BSA ( Basic Saving Account ) sampai dengan pembayaran tagihan listrik, telepon dan topup dompet digital seperti GoPay, OVO, Dana dan lainnya.

Sebelum melanjutkan membahas Agen BRILink, saya akan memberikan penjelasan sedikit tentang apa itu tabungan BSA ( Basic Saving Account ). Tabungan BSA merupakan layanan keuangan dari program Laku Pandai yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan. Karakteristik Tabungan BSA adalah sebagai berikut:

  1. Tabungan yang tidak memiliki batas minimal saldo dan setor tunai,
  2. Tidak ada biaya administrasi, namun ada batas maksimal saldo dan transaksi debit.
  3. Transaksi debit mencakup transfer ke rekening lain, tarik tunai, dan pemindahbukuan ke rekening lain dimana total jumlah transaksi tidak boleh melebihi batas maksimal.
  4. Pengajuan pembukaan rekening baru dapat dilayani di Agen BRILink.

Layanan Agen BRILink

Seperti yang telah saya sampaikan pada paragraf sebelumnya, Agen BRILink dapat memberikan layanan keuangan kepada masyarakat untuk memudahkan dalam transaksi perbankang, seperti:

  1. Layanan Keuangan Digital (LKD)
    Agen BRILink bisa melayani layanan perbankan seperti setor tunai dan tarik tunai, serta top up BRIZZI.
  2. Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai)
    Agen BRILink menyediakan layanan perbankan tanpa perlu jauh-jauh datang ke bank antara lain seperti referral pembukaan tabungan BSA, referral pembiayaan kredit mikro, pembelian produk asuransi mikro (AMKKM) dan pembayaran tagihan seperti air, listrik, pajak dan zakat.
  3. Mini ATM BRI
    Agen BRILink juga bisa melakukan transaksi keuangan non tunai seperti yang disediakan di ATM. Beragam transaksi tersebut antara lain transfer, pembayaran BPJS, cicilan pinjaman, pembelian pulsa, top up e-wallet (Gopay, Ovo, Dana).

Syarat Menjadi Agen BRILink

Untuk menjadi Agen BRILink, BRI memberikan persyaratan yang harus dipenuhi sebelum melakukan pendaftaran agen, adapun syarat tersebut adalah:

  1. WNI perseorangan/instansi non berbadan hukum
  2. Memiliki usaha minimal 2 tahun
  3. Memiliki surat keterangan usaha (sekurang-kurangnya dari perangkat desa)
  4. Memiliki rekening simpanan berkartu di BANK BRI, menyetor uang jaminan sebesar Rp 3.000.000,- (khusus EDC) dan saldo tersebut diblokir selama menjadi agen
  5. Memiliki smartphone android minimal OS 4.4 (Kitkat), akses internet dan printer mobile (optional) bagi Agen BRILink Mobile
  6. Belum menjadi agen dari Bank penyelenggara Laku Pandai lainnya.

Cara Daftar Agen BRILink 2021

Setelah persyaratan terpenuhi, Anda bisa melanjutkan pendaftaran Agen BRILink di kantor BRI terdekat, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Menyetor fotokopi dokumen identitas pemilik/pengurus berupa KTP dan NPWP.
  2. Melengkapi fotokopi bukti kepemilikan rekening BANK BRI baik buku tabungan maupun rekening koran.
  3. Memberikan fotokopi dokumen legalitas usaha seperti surat keterangan usaha minimal dari RT/RW, atau SIUP, SITU, TDP (untuk agen berbadan usaha), akta pendirian (untuk agen usaha berbadan hukum), dan izin usaha lainnya.
  4. Sedangkan bagi individu, fotokopi SK pengangkatan pegawai tetap/SK pensiunan.
  5. Melengkapi dokumen dan mengisi formulir pengajuan Agen BRILink serta perjanjian kerjasama BRILink.
  6. Mengajukan seluruh kelengkapan dokumen ke unit kerja BANK BRI terdekat (Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, BRI Unit).

Modal Agen BRILink

Dikutip dari lifepal.co.id, untuk modal awal menjadi Agen BRILink memang tidak sedikit. Sedikitnya Anda harus menyiapkan modal Rp 6.000.000 untuk menjalankan usaha Agen BRILink. Jika di jabarkan, modal yang Anda keluarkan tersebut, Rp 3.000.000 untuk mendapatkan mesin EDC dari BRI, dan dana tersebut akan ditahan selama Anda menjadi agen. Dan Rp 3.000.000 sisanya digunakan untuk modal awal transaksi.

Untuk bisa segera balik modal lifepal.co.id telah memberikan perhitungannya, rumus yang digunakan untuk menghitung berapa transaksi agar bisa balik modal adalah sebagai berikut:

Rp 3.000.000 / Rp 5.000 = 600 transaksi

Rp 3.000.000 merupakan modal awal mendapatkan EDC dan Rp 5.000 merupakan margin keuntungan per transaksi.

Jadi agar dapat balik modal, Anda harus dapat melakukan transaksi sebanyak 600. Jika ingin mengejar dalam sebulan, transaksi Anda minimal 20 kali dalam sehari.

Kesimpulan

Agen BRILink merupakan salah satu program dari Bank BRI untuk memperluas layanan perbankan ke masyarakat. Agen BRILink juga merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan terutama jika lingkungan Anda cukup jauh dengan bank dan banyak masyarakat yang merupakan nasabah Bank BRI.

Demikian sedikit informasi tentang Agen BRILink semoga dapat membantu.

Artikel Terkait

No posts found

Komentar

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *