Berbagai Pilihan Plugin Ongkos Kirim untuk Toko Online

Info Plugin0 comments3140 Views

Woocommerce sudah lama menjadi salah satu pilihan dalam membuat toko online di Indonesia, sebab Woocommerce merupakan plugin dari CMS WordPress yang sudah diakui ketangguhannya dan sangat mudah dioptimasi untuk SEO. Karena kepopuleran tersebut menyebabkan banyak pengembang Indonesia yang berlomba-lomba membuat plugin untuk memudahkan Woocommerce melayani pembeli dari Indonesia.

Salah satu plugin yang wajib dan harus ada di toko online adalah plugin untuk memberikan informasi biaya pengiriman atau ongkos kirim atau yang biasa dikenal “ongkir”. Dengan adanya plugin ongkir penjual tidak perlu menjawab berulang kali pertanyaan tentang ongkir dari pembeli.

Nah beberapa hari yang lalu di group Facebook “WordPress Indonesia” ada salah satu member yang bernama Bintang membuat thread, beliau membagikan pengalamannya saat menjajal berbagai plugin ongkir (silahkan baca disini thread lengkapnya). Dari thread tersebut saya terinspirasi untuk menulis pengalaman yang pernah saya rasakan saat menggunakan plugin ongkir untuk website yang saya buat.

Artikel dibawah ini meng-komparasi pengalaman dari saudara Bintang dengan pengalaman saya pribadi dalam menggunakan plugin ongkir, semoga artikel ini bisa memberikan pertimbangan dalam pemilihan plugin yang terbaik.

1. Raja Ongkir

Sebetulnya Raja Ongkir tidak menyediakan plugin hanya API (Application Programming Interface) ongkos kirim, bahasa mudahnya hanya database ongkos kirim saja.

Raja Ongkir menyediakan dari berbagai ongkos kirim perusahaan pengiriman seperti JNE, POS, TIKI, Wahana dan lain sebagainya sampai kurang lebih 23 kurir.

Untuk menggunakannya memerlukan plugin lain agar bisa digunakan di Woocommerce, adapun plugin yang bisa digunakan adalah Woongkir (Sofyan Sitorus) dan Woo Ongkir (Tonjoo).

Ada tiga tipe akun yang disediakan oleh Raja Ongkir yaitu: Starter, Basic dan Pro. Untuk Starter anda dapat menggunakannya secara gratis tapi hanya untuk JNE, POS dan TIKI, untuk yang lain anda perlu membeli lisensinya, adapun penjelasan lengkap fitur yang dapat digunakan tiap tipe silahkan menuju ke halaman dokumentasi.

Untuk biaya lisensi silahkan lihat di gambar dibawah ini:

Harga API Raja Ongkir

Ketersediaan: Gratis dan Berbayar

Kelebihan

  1. Jika hanya membutuhkan JNE, POS dan TIKI, anda bisa mendapatkan secara gratis
  2. Biaya bersifat sekali bayar, tidak perlu bayar lagi di lain waktu
  3. Jika anda developer, API Raja Ongkir sangat fleksibel dapat diaplikasikan di platform lain tidak hanya Woocommerce

Kekurangan

  1. Perlu plugin lain untuk menggunakan di Woocommerce
  2. Versi gratis hanya tersedia JNE, POS dan TIKI saja
Info Lebih Lanjut »

2. Woongkir (Sofyan Sitorus)

Plugin Woongkir ini dikembangkan dan distribusikan secara gratis oleh Sofyan Sitorus melalui website resmi WordPress.org. Menurut deskripsi Woongkir memiliki fitur yang melimpah, seperti: mendukung penghitungan ongkir berdasar berat dan volume produk, dapat menghitung ongkir domestik maupun internasional, mendukung banyak layanan kurir, dan lain sebagainya

Namun untuk menggunakan plugin Woongkir anda memerlukan API dari Raja Ongkir, penjelasan Raja Ongkir silahkan baca di poin sebelumnya.

Ketersediaan: Gratis

Kelebihan

  1. Gratis
  2. Plugin ringan
  3. Mendukung multi step checkout
  4. Dapat dikombinasikan dengan fitur shipping zone Woocommerce

Kekurangan

  1. Perlu API Raja Ongkir, dan perlu biaya jika ingin pilihan kurir lengkap
  2. Menurut Bintang, saat beliau mencoba untuk penghitungan volumetric tidak dapat berjalan dengan baik
Info Lebih Lanjut »

3. Epeken All Kurir

Epeken adalah salah satu penyedia plugin ongkos kirim yang menyediakan pilihan kurir yang banyak tanpa perlu tambahan API apapun dan menyediakan berbagai pilihan lisensi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ini adalah plugin yang saya pakai selama ini untuk men-develop website klien alasannya karena hanya ini yang baru saya tahu 🙂 .

Untuk Epeken All Kurir disediakan berbagai pilihan kurir yaitu JNE, JNE JTR/Trucking (Dari Jabodetabek), TIKI, POS Indonesia, RPX, J&T, Wahana, SAP Express dan SICEPAT Kurir, NSS Express, JMX, Lion Parcel (Stable Version).

Untuk pilihan lisensi, Epeken All Kurir terdapat pilihan mendukung biaya kirim internasional atau hanya lokal, perlu multi origin atau tidak. Multi origin ini cocok untuk anda yang berjualan dengan sistem dropship dalam satu website asal barang lebih dari satu tempat.

Untuk mendapatkan plugin tersebut anda perlu membayar mulai dari Rp 200.000,-, namun jika ingin mencoba Epeken juga menyediakan versi gratis tapi versi ini hanya digunakan untuk demo saja, fiturnya sangat minim dan tabel biaya kirimnya hanya JNE (jika tidak salah) dan hanya mendukung sedikit kota.

Menurut saya plugin Epeken ini kekurangan yang paling mengganggu adalah pada formulir pengisian alamat di halaman checkout, penataan form-nya berantakan, tidak cocok untuk user di Indonesia yang mengakibatkan beberapa pelanggan kebingungan cara mengisi alamat. Dan yang paling menyebalkan adalah developer tidak menerima masukan/feedback untuk memperbaiki masalah tersebut, menurut saya terlalu idealis untuk seorang developer.

Karena masalah tersebut dan karena terlanjur membeli, tim saya memutuskan untuk membuat plugin sendiri untuk memperbaiki masalah penataan form tersebut. Dan hasilnya seperti gambar dibawah ini

Plugin tambahan untuk Epeken All Kurir

Untuk plugin yang tim saya kembangkan, untuk sementara belum saya share, tapi jika anda menginginkan silahkan hubungi kami bisa melalui facebook messenger 🙂

Ketersediaan: Gratis (Demo) dan Berbayar

Kelebihan

  1. Pilihan kurir banyak
  2. Harga murah
  3. Mendukung multi origin dan pengiriman internasional (sesuai pilihan lisensi)
  4. Mendukung penghitungan volumetrik dan berat produk
  5. Bisa diset kode unik pembayaran, bisa mengurangi atau menambah harga produk

Kekurangan

  1. Proses pengambilan data lama
  2. User Experience formulir alamat di halaman checkout buruk
  3. Listing kabupaten pada formulir dropdown tidak difilter berdasar propinsi yang dipilih
  4. Tidak mendukung fitur shipping zone Woocommerce
Info Lebih Lanjut »

4. Epeken Ojek Online

Selain Epeken All Kurir, Epeken juga menyediakan plugin untuk menghitung biaya pengiriman menggunakan ojek online untuk saat ini yang didukung hanya Go-Send layanan pengiriman dari Gojek.

Plugin Epeken Ojek Online telah mendukung semua kota yang dilayani oleh Gojek misal: Jabodetabek, Bandung, Bali, Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan lain sebagainya. Plugin ini juga telah mendukung layanan Go-Send Sameday dan Instant.

Menurut informasi yang diberikan oleh pengembang, plugin ini hanya memberikan estimasi biaya pengiriman karena tidak secara langsung terhubung dengan sistem milik Go-Send, sehingga bisa saja biaya yang muncul meleset. Untuk melakukan order tetap harus melalui aplikasi Gojek.

Plugin ini dapat berjalan berdampingan dengan plugin Epeken All Kurir, tetapi sayangnya menurut pengembang plugin tidak dapat berjalan bersamaan dengan plugin ongkos kirim dari pihak lain.

Ketersediaan: Berbayar

Kelebihan

  1. Dapat berjalan dengan baik bersama plugin Epeken All Kurir
  2. Mendukung layanan Go-Send Sameday dan Instant
  3. Mendukung semua kota yang dilayani Gojek

Kekurangan

  1. Tidak dapat berjalan bersamaan plugin ongkir selain dari Epeken
  2. Lokasi asal dan tujuan hanya dengan mengetik nama jalan tidak menggunakan pointing maps yang bisa saja dalam satu daerah terdapat nama jalan yang sama yang menyebabkan harga yang muncul melenceng
Info Lebih Lanjut »

5. Plugin OngkosKirim.id (Jejualan/Jogja Camp)

Untuk plugin OngkosKirim.id saya baru mencoba yang versi gratis, dari kesan pertama dari versi gratis ini adalah user experience dalam tata letak formulir alamat di halaman checkout sangat baik dan cocok untuk pasar Indonesia, tidak seperti plugin dari Epeken yang harus menggunakan plugin tambahan agar tata letaknya teratur.

Saat menampilkan data biaya kirim cepat namun dalam versi gratis saat saya mencoba random untuk menampilkan biaya kirim biaya yang tampil saat saya cocokkan dengan situs resmi kurir nilainya melenceng mayoritas lebih mahal tetapi ada pula yang nilainya dibawah situs resmi, karena hal itu saya putuskan tidak jadi untuk mengupgrade karena pertimbangan budget, tetapi bisa saja di versi berbayar biaya bisa lebih tepat seperti halnya Epeken.

Dari pengalaman Bintang, saat mencoba beliau tidak menemukan kendala pada biaya kirim yang ditampilkan berarti kemungkinan memang versi gratis dan berbayar database biaya kirim berbeda.

Menurut beliau, untuk plugin ini proses pengambilan data kota dan kecamatan cepat, dan pengaturan pluginnya simple.

Namun, kekurangan dari plugin ini adalah tidak kompatibel dengan plugin multi step checkout dan tidak dapat menghitung volume metrik

Ketersediaan: Gratis dan Berbayar

Kelebihan

  1. Plugin ringan
  2. Pengaturan plugin mudah
  3. Penataan formulir alamat pada halaman checkout baik, cocok untuk pasar Indonesia
  4. Pengambilan data kecamatan dan kota cepat

Kekurangan

  1. Untuk versi gratis, data biaya kirim saat dicoba random mayoritas melenceng dengan biaya kirim dari situs resmi, ada yang lebih mahal (saat dicoba mayoritas lebih mahal) ada yang lebih murah
  2. Tidak mendukung perhitungan volume matrik
  3. Tidak kompatibel dengan plugin multi step checkout
Info Lebih Lanjut »

6. Woo Ongkir (Tonjoo)

Woo Ongkir di kembangkan oleh Tonjoo Studio, merupakan perusahaan software house yang berdomisili di Yogyakarta. Untuk perusahaannya sih saya cukup kenal karena dulu saya pernah mencoba melamar disana, tapi ditolak 🙂 dan Tonjoo adalah salah satu perusahaan yang menjadi pelopor bergeraknya komunitas WordPress di Yogyakarta.

Untuk pluginnya sendiri saya belum sudah sering mencari informasinya, tetapi belum kesampaian membeli, penyebabnya adalah Woo Ongkir hanya menyediakan sedikit pilihan kurir, hanya JNE, TIKI, POS dan J&T, untuk kurir lain seperti Wahana, SiCepat, PCP dll perlu membeli lisensi API Raja Ongkir (baca poin sebelumnya).

Ya sebetulnya, untuk fitur yang ditawarkan sangat banyak, seperti fitur yang tidak ada di plugin ongkir lain yaitu fitur estimasi biaya kirim di dalam halaman produk, fitur ini menurut saya istimewa karena pembeli bisa langsung tahu berapa biaya pengirimannya tanpa perlu melakukan order.

Ketersediaan: Gratis (Demo) dan Berbayar

Kelebihan

  1. Pilihan kurir JNE, TIKI, POS dan J&T
  2. Terdapat fitur estimasi biaya kirim di halaman produk
  3. Fitur lengkap
  4. Proses pengambilan data ongkir cepat
  5. Dapat menghitung volume matrik
  6. Mendukung plugin multi vendor (dengan plugin addon)

Kekurangan

  1. Untuk menggunakan kurir selain JNE, TIKI, POS dan J&T harus berlangganan API Raja Ongkir
  2. Tidak mendukung plugin multi step checkout
Info Lebih Lanjut »

7. Indo Ongkir (WP Bisnis)

Plugin Indo Ongkir saya baru tahu setelah membaca salah satu komentar dari thread yang dibuat oleh saudara Bintang. Karena informasi tersebut saya mengunjungi websitenya, dan saya bingung mencari halaman produknya, tidak ada informasi apapun di halaman tersebut hanya form berlangganan informasi saja.

Setelah saya dicoba untuk mencari di mesin pencari akhirnya saya menemukan halaman informasi produk plugin Indo Ongkir, dan untuk halaman pluginnya silahkan klik tombol dibawah.

Meskipun dari sisi tampilan website membingungkan, tetapi dari testimoni orang yang berkomentar di thread tadi mengatakan bahwa plugin ini sangat “recommended”, selain ringan, proses pengambilan data ongkir cepat dan yang paling menarik adalah plugin ini mendukung fitur shipping zone yang disediakan oleh Woocommerce, karena yang saya ketahui plugin lain tidak ada yang mendukung.

Keistimewaannya jika mendukung fitur shipping zone dari Woocommerce adalah pemilik toko online bisa bebas mengatur kota mana saja yang dilayani, atau kota mana saja yang dilayani pengirimannya dengan J&T, atau kota mana saja yang gratis ongkir dan lain sebagainya.

Ketersediaan: Berbayar

Kelebihan

  1. Mendukung fitur shipping zone bawaan dari Woocommerce
  2. Proses pengambilan data ongkir cepat
  3. Kompatibel dengan plugin multi step checkout
  4. Dapat menghitung berdasar volume matrik
  5. Mendukung multi origin, dalam satu proses checkout lebih dari satu asal pengiriman produk
  6. Terdapat Fitur “Custom No Shipping Found”, untuk memberikan informasi jika pilihan ongkir tidak ditemukan

Kekurangan

  1. Tidak tersedia fitur diskon ongkir
  2. Tidak mendukung pengiriman internasional
Info Lebih Lanjut »

8. Plugin Shipping (AgenWebsite)

AgenWebsite sendiri adalah website yang menjual berbagai plugin yang dikhususkan untuk toko online di Indonesia, banyak sekali plugin-plugin yang siap untuk melancarkan penjualan online anda.

Untuk saat ini yang saya bahas adalah plugin ongkirnya saja, sesuai yang saya ketahui dari thread saudara Bintang dan eksplorasi saya di website tersebut plugin ongkir yang disediakan oleh AgenWebsite berbeda dengan penyedia plugin lain.

Jika di penyedia plugin lain, semua pilihan kurir di jadikan satu dalam satu plugin, tapi di AgenWebsite tiap kurir dibuatkan plugin sendiri-sendiri meskipun bisa saling terintegrasi.

Karena dipisah-pisah inilah yang menyebabkan plugin ongkir dari AgenWebsite terlihat mahal, pada saat artikel ini ditulis (6 Juli 2019) tiap plugin ongkir harganya Rp 100.000, jadi jika semua plugin ongkir dibeli (ada 6 kurir) ya jadinya Rp 600.000, hanya plugin ongkir saja belum plugin-plugin lain. Untungnya AgenWebsite memberikan pilihan paket komplit dengan harga mulai dari Rp 525.000, bisa dilihat langsung di websitenya.

Ketersediaan: Berbayar

Kelebihan

  1. Mendukung penghitungan ongkir pada halaman cart
  2. Mendukung penghitungan volume matrik
  3. Terdapat fitur gratis ongkir yang dapat diatur berdasarkan minimum belanja, produk tertentu dan/atau tujuan pengiriman
  4. Terdapat fitur mengirim resi ke pelanggan otomatis

Kekurangan

  1. Pilihan kurir tidak cukup banyak hanya JNE, TIKI, POS, POS Internasional, J&T, dan Wahana
  2. Semua kurir tidak jadi satu dalam satu plugin tapi terpisah setiap kurir
Info Lebih Lanjut »

KESIMPULAN

Dari plugin yang saya jabarkan diatas memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, tidak ada sistem yang sempurna jadi silahkan pilih yang paling mendekati kebutuhan anda.

Kalau saya pribadi, saya ingin mencoba plugin Indo Ongkir dari WPBisnis jika ada klien yang minta bantuan untuk membuat toko online ke saya 🙂

Artikel Terkait

Komentar

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *